Selalu scandisk setelah booting

Beberapa hari kemaren, notebook dan pc di kantor bermasalah. Emang gak terlalu besar sih masalahnya, cuman bikin bete aja. Masa abis booting windows xp selalunya scandisk gitu. Mending kalo sebentar, lambreta boo!. Akhirnya dilakukan investigasi dengan bantuan oom google..eng..ing..eng…!

Hasil penelusuran tim investigasi ditemukan kesimpulan bahwa proses scandisk itu adalah mekanisme standar dari windows xp untuk partisi dengang format NTFS yang bermasalah. Masalah ini disebabkan oleh proses shut down yang nggak beres atau kompi mati tiba-tiba. Lalu hardisk NTFS ini ngasih warning ke sistem (dengan tanda flag/bendera) untuk menscan hardisk setelah booting. Sialnya, tanda itu nggak pernah ilang. Jadi dikenali terus oleh OS dan pastinya selalu dilakukan scandisk. capek deeh!

Solusi yang ditempuh adalah:

pertama: hilangkan cache pada hardisk. caranya dengan klik kanan pada driveletter (partisi hardisk) –> properties –> hardware (disitu tampilan beberapa disk drive. pilih yang typenya disk drive) –> properties –> policies –> hilangkan centang (cheklist) pada pilihan ‘Enable write caching on the disk’.

kedua: chek disk pake dos command. caranya klik start –> run –> ketik ‘cmd’ hingga tampil ‘dos’ –> ketik ‘chkdsk /f /r [drive letter yang bermasalah]:’ misal ‘chkdsk /f /r f:’ –> enter. biarkan di periksa ampe kelar. lalu booting.

Hasilnya, gak ada lagi scandisk pasca booting. setidaknya solusi ini jitu untuk notebook dan pc di kantor. gitu aja deh. moga bermanfaat…

0 comments